Saat mulai menjalankan website untuk pertama kalinya, anda mungkin lebih suka memakai hosting gratis daripada yang berbayar. Karena bagi pemula memang selalu mengira bahwa hosting yang gratis itu merupakan pilihan yang tepat untuk berhemat. Padahal, saat anda ingin menjalankannya dengan serius, anda harus lebih memperhitungkannya. Web hosting yang gratis itu hanya cocok untuk web yang tidak ada perkembangan dan sekedar menyalurkan hobi saja atau mungkin ingin mencoba kemampuan membuat web pada hosting real.

Maka dari itulah, sebelum memakainya, jangan lupa untuk menyesuaikan antara web anda dengan kapasitas hostingnya terlebih dahulu. Perhatikan kebutuhan web anda. Jangan sampai anda memilih hosting yang besar, berukuran 48 Gb, namun ternyata web tersebut Cuma dipakai untuk kebutuhan pribadi saja. Jangan juga memilih hosting yang berukuran kecil, padahal anda membuka usaha toko online yang besar. Karena ini bisa bermasalah nantinya.

Pengertian Hosting

Hosting adalah sebuah infrastruktur yang dipakai untuk menyimpan data web atau aplikasi. Dengan begitu, data tersebut dapat diakses lewat internet. Jadi, sederhananya adalah bila smartphone anda butuh kartu memori sebagai penyimpan data, seperti file gambar, dokumen, video, dll. Nah, fungsi hosting ini adalah berperan sama seperti kartu memori pada smartphone. Dari sini tentu anda cukup paham dengan pengertian hosting dan fungsinya.

Dampak Memakai Hosting Gratis

Ada beberapa dampak penggunaan hosting gratis baik secara langsung ataupun tidak langsung.

Ruang Simpan Terbatas

Sudah pasti dampaknya adalah ruangnya menjadi terbatas. Sehingga, bila anda membuat postingan artikel secara teratur, lengkap dengan gambar dan video pendukungnya, sebaiknya perhatikan bandwidthnya. Misalnya saja untuk blogger, yang hanya punya 1 Gb saja untuk penyimpanan gamabr, dengan batasan 1 Mb untuk setiap halamannya. Ini mungkin terdengar banyak, tapi tidak cukup banyak untuk anda yang ingin melakukan posting secara rutin.

Fungsional Terbatas

Fungsionalitas dan desainnya menjadi terbatas. Sehingga, hosting gratis itu tidak direkomendasikan untuk pebisnis. Seiring dengan berjalannya web, anda mungkin ingin memberikan penawaran iklan pada web anda, lengkap dengan kontak sosmed, dan beberapa penawaran lainnya, seperti melampirkan tautan. Dengan hosting yang gratis, desainnya menjadi terbatas. Begitu juga, dengan masalah compabilitasnya dengan plugin yang dipakai saat itu. Maka, jika  menginginkan yang fungsional, pilih yang berbayar.

Peluang Monetisasi

Saat memakai hosting yang gratis, monetisasi dan peluangnya menjadi lebih terbatas. Umumnya penyedia web hosting yang gratis akan memberikan batasan untuk menghasilkan uang lewat blog. Selain itu, anda juga dilarang menjalankan konten yang dibayar atau disponsori saat memilih hosting yang gratis. Tentu ini membuat kegiatan anda menjadi semakin terbatas untuk menghasilkan uang. Maka dari itulah, jika anda ingin berbisnis, pilih saja hosting yang berbayar.

Alasan Pebisnis Tidak Menggunakan Hosting Gratis

Ada banyak alasan kenapa pebisnis yang serius jarang memakai hosting yang gratis. Salah satunya adalah karena hosting gratisan itu tidak terlihat profesional. Sehingga, calon audiens langsung tidak tertarik saat melihatnya. Maka dari itulah, bila anda ingin mendaftarkan diri pada penyedia hosting yang gratis, sebaiknya buat email dulu sendiri tanpa nama hosting anda. Dengan begitu, kontak anda mudah diingat.

Kurang Aman

Selain itu, alasan yang lain adalah hosting yang gratis itu lebih beresiko. Baik untuk keamanannya dan masalah downtime. Tak heran pebisnis yang pintar tidak akan memilihnya, karena mereka tidak mau rugi. Hosting yang gratisan itu bisa membahayakan situs anda sendiri dari serangan malware. Maka dari itulah, sebaiknya perhitungkan baik-baik saat anda ingin memakai hosting gratis untuk kebutuhan bisnis.

Tidak adanya Backup

Pada hosting gratis biasanya tidak di sertakan fitur backup otomatis. Anda akan kehilangan banyak waktu jika sesuatu terjadi pada website anda, dan tidak ada backup. Berbeda dengan hosting berbayar yang di sediakan backup harian, mingguan dan bulanan. Anda bisa kapan saja melakukan restore website jika terjadi sesuatu yang membutuhkan website di kembalikan ke kondisi awal.

Tidak ada support

Mungkin anda sudah jago dalam menggunakan hosting, namun kadangkala ada masalah yang tidak dapat diselesaikan dan pastinya akan membutuhkan bantuan support. Pada hosting gratis biasanya tidak ada bantuan dari team teknikal support.

Hosting Gratis di IndoWebsite

Nah, berbeda jika anda menggunakan hosting gratis dari IndoWebsite, anda akan menemukan fitur hosting yang sama dengan hosting berbayar. Namun tetap saja kelemahan seperti kurangnya ruang simpan, tidak adanya fitur email, tidak ada bantuan teknikal support tetap menjadi kekurangan dan menjadi bahan pertimbangan menggunakan hosting gratis.

Selain itu, hosting gratis dari IndoWebsite di kontrol penggunaannya hanya untuk mereka yang sudah memiliki domain, dan hanya domain yang berbayar. Ini sangat berguna menaikan rating server, bahwa pengguna server hosting gratis adalah pengguna yang serius dan bukan pengguna iseng atau spamer.

Kesimpulan

Dengan adanya artikel ini kami berharap menambah wawasan anda sehingga bisa lebih bijak memilih, kapan harus menggunakan hosting gratis, dan kapan harus menggunakan hosting berbayar. Mungkin anda bisa mulai dengan hosting gratis untuk mengawali bisnis online anda. Namun saat bisnis sudah mulai naik, segera lakukan upgrade ke hosting berbayar. IndoWebsite menyediakan hosting murah dengan kualitas terbaik, cocok bagi anda yang memulai usaha dengan modal kecil. Ayo mulai bisnis online anda bersama IndoWebsite.