Seperti yang terlihat, bahwa beli domain itu bukan lagi tugas yang mudah. Ada banyak hal yang harus diperhitungkan saat akan membelinya. Misalnya saja, seperti dari mudah mengingatnya, panjang katanya, SEO, hingga legalitas dari perusahaan yang menyediakan layanan pendaftaran untuk domain website. Semuanya harus benar-benar diperhatikan agar anda tidak menyesal dikemudian hari. Jadi, seperti apakah tipsnya? Simak selengkapnya di bawah ini:

Sebelum Beli Domain, Perhatikan Tips Ini Dulu

Di bawah ini adalah beberapa tips sebelum anda melakukan pembelian domain:

Cek ketersediaan domain

Perhatikan segi ketersediaannya terlebih dahulu. Pastikan domainnya masih tersedia, dan namanya bukanlah dari nama brand yang berasal dari perusahaan yang lain. Jadi, meskipun anda bisa beli domain sesuka hati, bukan berarti bila namanya boleh sama seperti nama brand orang lain. Karena hal ini bisa membuat anda dituntut karena sudah mendaftarkan nama domain yang sudah dimiliki pihak lainnya secara sah. Jadi, cek namanya sebelum membelinya.

Domain adalah Brand

Ingat, bahwa domain itu sama dengan brand atau sebuah merk. Jangan pernah membuat pengunjung web anda menjadi bingung, hanya karena domain anda beda nama dengan brand anda. Sebaiknya, pilih saja nama domain yang terdiri atas huruf tanpa karakter dan angka. Karena cara ini bisa mempermudah pengunjung untuk mengingat domain anda dan menghindari kesalahan ketik.

Ektensi Domain

Hal yang lainnya yang harus diperhatikan ketika akan beli domain adalah dari segi ekstensinya. Ekstensi domain itu adalah akhiran nama domain. Misalnya saja, seperti www.indowebsite.id punya ekstensi .id. Untuk varian dari ekstensi domain itu sendiri ada banyak. Misalnya saja, seperti .net, .com, .id, co.id, .asia, dll. Pilih saja yang paling populer dan sudah umum.

Provider Domain

Pilih provider domain yang bisa dipercaya. Karena meskipun penyedia untuk pendaftaran domain itu ada banyak, ternyata tidak semuanya benar-benar terdaftar secara resmi oleh ICANN. Umumnya ini seringkali terjadi saat anda membeli paket domain yang lengkap dengan hostingnya. Membeli sebuah domain ke perusahaan yang tidak resmi ini akan membuat diri anda kesulitan saat ingin memindahkan domain ke tempat penyedia lainnya.

Privacy Protect

Saat anda ingin mendaftarkan sebuah domain, itu artinya segala informasi yang anda masukkan, misalnya saja seperti alamat, nomor telpon, nama lengkap, dan alamat email anda akan dapat terlihat dengan bebas di internet. Informasi ini biasanya kerap dipakai untuk mengirim email spam, hacking, telepon, dll. Namun, berkat domain privacy protection inilah semua informasi pribadi anda akan lebih aman dan tidak terlihat.

Alasan Domain Pendek Lebih Baik

Salah satu alasan kenapa memilih domain yang pendek itu jauh lebih baik adalah karena domain yang pendek itu mudah diingat. Sehingga, namanya bisa mewakili dari konten website yang dibuat secara keseluruhan. Bila anda memakai domain yang panjang, otomatis hal ini bisa membuat customer anda kesulitan untuk mengingat nama domain anda. Bisa saja mereka salah eja dan salah ketik alamat domain anda. Sehingga, tidak tepat sasaran.

Perhatikan ini Sebelum membeli domain bekas.

Jika anda memutuskan membeli sebuah domain bekas yang sudah terdaftar sebelumnya, sebaiknya cek saja dulu sejarah dari domain itu. Apakah sebelumnya domain itu dipakai untuk situs yang bebas pelanggaran hukum, apakah dipakai seperti tujuan anda, atau bahkan domain sebelumnya memiliki traffic yang tinggi pada website yang digunakannya. Punya domain yang tepat bisa mempengaruhi jumlah pengunjung website, maka dari itulah pertimbangkan lagi jika ingin beli domain bekas.