Di era yang sudah serba internet, memahami tentang pengertian hosting itu adalah hal yang sangat penting sekali. Mengingat sekarang ini setiap orang mulai berlomba-lomba agar mendapat ruangan tersendiri dalam memperlihatkan siapakah dirinya. Salah satu cara termudah untuk mengekspresikan diri adalah membuat website sendiri. Meskipun begitu, sebelum mempunyai sebuah web, anda harus memilih hosting terbaik untuk mengelola kebutuhan web anda.

Pengertian Hosting

Melihat hal tersebut, maka dapat disimpulkan pengertian hosting adalah ruangan yang dipakai untuk menampung semua data yang dibutuhkan dalam membangun sebuah webiste. Website itu sendiri diibaratkan menjadi sebuah rumah yang bisa diisi dengan apa saja yang anda inginkan. Namun, untuk memiliki rumah, anda harus mempunyai tanah dulu. Nah, dalam hal ini tanah itu ibarat hosting. Hosting punya 1 atau sejumlah server yang tersambung dengan internet.

Fungsi Hosting

Fungsi hosting itu yang penting ada 2 macam. Yaitu, sebagai tempat untuk menyimpan data dan juga menjaga situs supaya bisa diakses selama 24 jam. Makin luas tanah yang dimiliki, hal ini bisa membuat rumah yang dibangun bisa semakin luas. Maka dari itulah, hosting berbayar itu punya harga yang tidak sama dengan kapasitas penyimpanan yang juga beraneka ragam.

Ada yang berukuran sebesar 30 Mb sampai dengan ratusan Gb. Jadi, dari sini sudah dapat disimpulkan sekali lagi bahwa pengertian hosting sebuah ruangan untuk menampung website. Makin banyak permintaan ruang untuk menyimpan data, hal ini bisa membuat harga hostingnya menjadi makin mahal. Disinilah letak perbedaan di antara kebutuhan orang memutuskan membeli hosting yang berbayar dengan hosting yang gratis.

Hosting yang gratis ini umumnya dipakai untuk mereka yang tidak begitu membutuhkan ruangan khusus. Karena hosting yang gratisan itu umumnya hanya memiliki ruangan yang terbatas untuk menyimpan semua data yang dibutuhkan dalam sebuah website. Sementara itu, untuk menjaga situsnya supaya bisa diakses selama 24 jam maka pilih hosting yang tepat. Karena hosting yang bagus biasanya servernya juga tidak mudah down.

Macam-Macam Hosting

Melihat pengertian dan fungsi di atas, kini saatnya anda memahami tentang macam-macam dari hosting. Karena variannya ada banyak, maka kali ini kita mulai dulu dari yang namanya free hosting. Untuk yang satu ini bisa didapat secara cuma-cuma. Hanya saja, ruang penyimpanannya sangat terbatas, begitu juga dengan layanannya. Sehingga, hal ini membuat anda tidak memungkinkan untuk mempunyai domain pribadi.

Masih ada lagi shared hosting, merupakan hosting berbayar yang harganya terjangkau. Karena shared hosting itu adalah beberapa situs yang diletakkan pada server yang sama dan saling berbagi RAM dan CPU. Untuk kebutuhan blog yang jumlah pengunjungnya masih sedikit, maka layanan ini cukup untuk anda. Sedangkan, untuk dedicated hosting merupakan 1 server yang dipakai untuk 1 akun web.

Selanjutnya, masih ada lagi VPS hosting yang merupakan virtual private server. Untuk hosting yang satu ini mirip seperti shared hosting. Hanya saja sumber dayanya jauh lebih besar. Anda bisa menginstal aplikasi dan memakai sumber daya semuanya tanpa berbagi dengan klien yang lainnya. Sehingga, dedicated hosting dan VPS hosting itu cocok sekali untuk web yang ramai dan memiliki banyak pengunjung setiap hari.

Yang terakhir adalah cloud hosting, yang merpakan jenis hosting yang terdiri atas banyak varian server. Setiap servernya bisa berinteraksi dengan yang lainnya karena saling terhubung untuk membuat performa web tetap terjaga. Dengan memakai cloud hosting ini, pengguna bisa diuntungkan karena tak perlu khawatir akan kestabilan server yang dipakai. Jadi, seperti itulah serba-serbi dari hosting dan pengertian hosting yang bisa anda pelajari sebelum masuk dunia blogging.