Hampir sebagian besar orang kerap merasa termanjakan oleh website gratis. Karena selain pemakaiannya mudah, web gratis itu juga praktis dan tidak lama pembuatannya. Bahkan, untuk menggunakannya anda tidak perlu merogoh kantong untuk membayar biaya tahunan, karena semuanya adalah gratis. Berbeda sekali dengan web berbayar. Web berbayar memaksa anda untuk membayar biaya tahunan untuk menyewa hosting dan domain. Sehingga, kurang cocok untuk mereka yang masih pemula.

Kelebihan Website Gratis

Ada banyak kelebihan bila memakai web gratis yang membuat web seperti ini masih saja digunakan banyak orang. Yaitu, bermodalkan sebuah email saja dan pengetahuan tentang cara memakai browser dan mengisi formulir pendaftarannya saja, anda sudah bisa membuat web secara langsung, dan gratis. Selain itu, fasilitas pengelola tampilannya juga instan. Ada ruangan khusus untuk menulis artikel yang akan dipublikasikan di internet dengan mudah.

Anda bisa mendapatkan ruang penyimpanan yang cukup luas. Untuk webnya juga sudah dilengkapi dengan banyak fitur unggulan yang mempermudah anda dalam memonitor dan mengelola pertumbuhan dari publikasi internet anda. Bahkan, meskipun gratis, ternyata halaman web anda bisa terindex secara langsung dan otomatis ke dalam mesin pencari meskipun terkadang cukup lama. Karena awalnya bertujuan untuk publish internet dan produk saja, maka web gratis cocok untuk anda.

Kekurangan Website Gratis

Kekurangan memakai web gratis adalah sudah pasti web anda menjadi tergantung dari kebijakan setiap perusahaan penyedia. Sehingga, bila suatu saat layanan itu harus berbayar, maka untuk bisa melanjutkannya, anda harus mengikuti peraturan yang berlaku. Bahkan, bila web anda terhapus atau hilang, dan bahkan berubah, anda tidak dapat menuntut siapapun. Karena semuanya serba gratis. Bahkan, ini berlaku untuk pebisnis online.

Seorang pebisnis akan dianggap tidak serius dalam menjalankan usahanya saat menggunakan web yang gratis. Karena disinilah anda tidak memiliki hak penuh untuk mengetahui seputar apa yang akan terjadi dari informasi yang telah anda simapn dalam web gratisan itu. Maka dari itulah, untuk membangun sebuah bisnis dan image perusahaan dan lembaga, tidak disarankan memakai web gratis.

Website Gratis vs Berbayar

Ada beberapa perbedaan dari web yang berbayar dengan yang gratisan. Meskipun salah satu hal yang sangat terlihat perbedaannya adalah dari segi keamanannya. Sudah pasti, yang berbayar jauh lebih ideal dan lebih aman bila anda ingin membangun sebuah website. Namun, bila anda menggunakan web yang berbayar, anda harus selalu siap untuk mengeluarkan biaya  langganan alamat web. Ini berbeda sekali dengan web yang gratisan.

Namun, saat anda menggunakan web yang berbayar, itu artinya anda bisa mendapatkan sebuah nama domain seperti yang anda inginkan. Misalnya saja, seperti indowebsite.id dll. Ada banyak pilihan yang bisa anda coba, dari .net , .com, .org, dll. Dengan web berbayar inilah anda bisa mempunyai email anda sendiri berdasarkan nama domain anda. Anda juga bisa menentukan sendiri jenis pengelola web apa yang anda suka.

Tentunya dengan web yang berbayar inilah akan membuat semua kebutuhan anda langsung terpenuhi. Misalnya saja, untuk kebutuhan pembuatan toko online, profil perusahaan, komunitas, dan masih banyak yang lainnya. anda bisa mempunyai akses secara penuh dalam mengelola database, email, file, gambar, dll. Tidak seperti dalam memakai web yang gatisan. Yang pasti, web berbayar itu jauh lebih lengkap dari website gratis.