Perputaran Status Domain Di Internet

Ketika Anda mempunyai domain name, maka umur online dan aktif di internet adalah minimal selama 1 tahun. Lain ceritanya jika diawal domain name itu kita beli langsung selama 10 tahun.

Ilustrasi perputaran nama domain :

Ilustrasi Perputaran Domain

 

Namun, perlu kiranya memahami masa atau periode yang terjadi pada status domain name tersebut. Status domain name terlihat setelah melihat (whois) menggunakan fasilitas pencarian domain name. Status domain name di internet adalah :

  • Available : artinya domain name tersedia untuk dimiliki.
  • Not Available : artinya domain name tersebut telah dimiliki orang lain.
  • Active : artinya domain name tersebut masih aktif dalam masa kontrak (online).
  • Renewal Grace Period : masa tenggang perpanjangan yang terjadi setelah domain name habis masa kontraknya (expired). Waktu masa tenggang perpanjangan ini berbeda-beda antara ekstensi satu dengan yang lain (lihat tabel dibawah). Pada masa ini, domain name yang telah expired biasanya diparkir oleh registrar ke halaman komersial. Harga perpanjangan masih normal sama seperti harga pembelian domain name.
  • Redemption Grace Period : merupakan tenggang waktu yang dimiliki oleh pemilik domain untuk mengembalikan kepemilikan domainnya setelah domain tersebut melewati masa tenggang perpanjangan (Renewal Grace Period). Domain name masuk ke dalam masa ini karena secara manual dihapus oleh registrar. Pada periode ini proses restorasi domain dapat dilakukan dengan biaya yang lebih mahal (10 x lipat) dibandingkan biaya perpanjangan atau pendaftaran domain baru. Masa ini umumnya terjadi selama 30 hari (untuk sebagian besar ekstension).
  • Pending Delete : masa persiapan untuk dilepaskan ke umum dan domain name sudah tidak bisa dikembalikan lagi ke pemilik awal. Masa pending delete terjadi 5 hari. Jika ingin memiliki kembali, maka harus melewati masa Pending Delete.

Tabel perbandingan masa renewal masing – masing ekstensi domain :

 

Second level
.ID30

Ekstensi DomainMasa Renewal Grace (Hari)
.COM and .NET40
.ORG40
.BIZ40
.INFO15
.NAME40
.ASIA40
.MOBI40
.TEL40
.US40
.IN15
.ME40
.EU0
.BZ40
.MN40
.CC40
.TV40
Third level
.UK
97
.WS40
.CN40
.NZ0

 

Dan dibawah ini adalah Kode Status Domain dimana status domain dapat berubah ubah sewaktu waktu sesuai dengan kondisi domain tersebut. Kode status domain ini diterbitkan oleh ICANN.

Client Status Codes :

  • clientDeleteProhibited : Kode status ini memberitahukan kepada pihak registry domain untuk menolak permintaan penghapusan nama domain. Domain dapat dihapus apabila domain telah expired.
  • clientHold : Pihak registry dapat menonaktifkan dns domain apabila terdapat permasalahan seperti pembayaran atau sengketa hukum. Biasanya status ini menyebabkan domain tidak dapat diakses.
  • clientRenewProhibited : Kode status domain ini menginstruksikan kepada pihak domain registry untuk menolak semua permintaan perpanjangan domain. Status ini diberlakukan biasanya karena ada persoalan hukum atau dalam masa penghapusan domain
  • clientTransferProhibited : Kode status domain ini memberitahukan bahwa kepada pihak domain registry untuk menolak semua permintaan transfer domain dari registrar saat ini ke registrar yang lain.
  • clientUpdateProhibited : Hampir sama dengan clientRenewProhibited , status ini memberitahukan kepada pihak registry untuk menolak semua permintaan perpanjangan domain.

Server Status Codes :

  • serverDeleteProhibited : Status ini memberitahukan kepada pihak registry untuk melakukan pencegahan/penolakan penghapusan nama domain. Biasanya dikarenakan domain ada dalam persoalan hukum atau atas dasar permintaan client.
  • serverHold : Status ini mengindikasikan bahwa pihak registry berhak menahan domain untuk alasan finansial dan atau persoalan hukum.
  • serverRenewProhibited : Kode status ini menunjukkan bahwa pihak domain registry menolak untuk perpanjangan domain. Status ini diberlakukan karena adanya persoalan hukum, finansial ataupun domain dalam masa penghapusan.
  • serverTransferProhibited : Kode status ini menunjukkan bahwa pihak registry menolak semua permintaan transfer domain. Status domain ini diberlakukan karena adanya persoalan hukum, finansial atau dalam masa redemtion periode.
  • serverUpdateProhibited : Kode status ini menunjukkan bahwa pihak registry menolak semua permintaan update domain. Status domain ini diberlakukan karena adanya persoalan hukum, finansial atau dalam masa redemtion periode.
Facebook Comments

Apakah artikel ini membantu?

Artikel Terkait